Cara Membangun Backlink Berkualitas

Backlink berkualitas – SEO adalah bagian terpenting dalam pembangunan sebuah website. Ini jelas terlihat ketika seorang ingikan website mereka selalu ada di halaman utama. Kunci utama yang dapat membangu SEO menjadi baik adalah kualitas backlink yang dibangunnya.

Umumnya backlink berkualitas akan dibuat untuk menautkan website eksternal yang akan diarahkan kepada website utama. Dari link tersebut, selalu berkaitan satu dengan lain. Ini akan menjadi startegi dalam pengembangan link yang baik. Dimana semua akan mengarah pada satu titik.

Disini kita akan belajar banyak tentang membangun backlink berkualitas. Hal ini selalu menjadi patokan dasar dalam pengembangan website di era modern. Karena tingkat persaingan di mesin pencari semakin hebat.

Gunakan backlink sedikit namun berkualitas baik

Ada 2 masalah yang tidak bisa dihindari pemilik website, dimana harus siap menghadapinya. Ini hanya masalah waktu dan biaya yang dikeluarkan. Namun ada hal menarik untuk atasi masalah tersebut.

  • Bangun situs website dengan optimasi secara teknis
  • Bangun situs website dengan struktur kuat
  • Bangun situs website dengan konten berkualitas baik

Jika kita mampu menghadapi semua hal tersebut, maka masalah biaya dan waktu tidak terlalu begitu ada artinya. Sebuah pengalaman yang telah kami coba sebelumnya. Kami melihat jika ada sebuah kesalahan dalam membangun tahapan itu, maka dapat merusak secara teknis.

Hal ini tidak disukai mesin pencari sekelas Google yang mana akan membatasi pengembangan trafik natural pemilik website.

Langkah awal yang baik dalam pengembang tersebut adalah coba hindari speeding proses tersebut. pada dasarnya SEO dapat kita ibaratkan sebagai mainan Puzzel. Dimana pemilik website tidak dapat mengembangkan websitenya tanpa melengkapi semua bagian yang hilang.

Adapun beberapa masalah yang dapat kita temukan, diantaranya :

  • Redirect 302
  • Duplikat META data
  • Loading situs
  • Duplikat konten
  • Mobile friendliness
  • Error 404
  • Chain Redirect
  • Error Canonical

Tidak tepat dalam penggunaan direktif

Ketika masalah tersebut muncul, kami sarankan untuk menggunakan Screaming Frog SEO Spider. Itu dapat mencari masalah tersebut, diantaranya tentang Redirect 302, Duplikat META data, Duplikat konten, Mobile friendliness, Error 404, Chain Redirect, Error Canonical, dan Tidak tepat dalam penggunaan direktif.

Lantas bagaimana membangun website dengan struktur kuat

Strutuktur website merupakan bagian dari equitas link terdistribusi dalam sebuah blog atau website. Jika pembangunannya baik, maka tidak membutuhkan banyak backlink. Untuk pemilik website yang menggunakan content-driven SEO, dapat menerapkan reverse silo.

Kembangkan konten berkualitas baik

Dalam pembangunan sebuah website konten punya peran penting untuk kemajuan SEO. Ini dapat menjadi strategi pemasaran SEO yang baik dan berkualitas. Hal itu tidak akan menjadi masalah, seberapa banyak SEO backlink yang akan diterima.

Dan tidak jadi masalah juga seberapa banyak pemilik website dalam mengoptmasi SEO. Kemajuan dalam pengembangan SEO akan berantakkan jika Anda gagal dalam membangun konten berkualitas baik. Disini kita tidak perlu ambisi besar dalam menyajikan konten, bijaklah agar tidak terlihat seperti konten sampah.

Konten yang telihat seperti sampah tersebut akan dibuang dan tidak berguna sama sekali nantinya. Jadi konten berkualitas baik yang dibangun akan tentukan pengembangan SEO kedepannya.

Bangun  backlink berkualitas yang tidak mudah rusak

Kami yakin jika Anda dapat menerapkan 5 metode ini, Anda bisa memdapatkan trafik natural dan itu akan terus tumbuh setiap bulannya.

Jaga relevansi

Relevansi menjadi hal terpenting dalam mengakuisisi sebuah link dan ini efektif jika diterapkan dengan baik. Adapun Relevansi dalam pandangan Google yang benar dan dapat terlihat berdasarkan 3 hal berikut ini:

  • Menggunakan tema konten dari domain linking
  • Konten ada di halaman linking
  • Membangun relevansi backlink ke domain

Bergabung dengan situs yang memiliki otoritas baik

Jika mampu mendapatkannya, maka semakin kuat situs tersebut hasilnya akan baik kedepannya. Hal itu dikarenakan Google sudah tidak update PageRank lagi. Jadi peran Anda disini harus memanfaatkan matric yang didapat dari pihak ketiga.

Meski dalam faktanya tidak ditemukan tools yang benar-benar sempurna untuk diandalkan. Namun setidaknya dapat bermanfaat dan membantu dalam pengembangan website. Disini Anda dapat membuat analisa secara baik menggunkan tools yang tersedia di dalamnya. tools umum yang kini lebih sering digunakan pemilik website, diantaranya ada :

  • Majestic
  • Ahrefs
  • Open Site Explorer

Pusatkan pada website nyata

Memperoleh backlink berkualitas dari website bertrafik nyata menjadi opsi lain ketika seseorang ingin membangun sebuah website. Meski sulit diperoleh, namun sangat bermanfaat jika bisa mendapatkannya. Karena ada masalah yang harus dihadapai, dimana tidak ada kepastian data sumber trafik dari website tersebut jika tidak memiliki analytics dan kita dapat menggunakan SEM Rush.

Terapkan Anchor Text dengan tepat

Penerapan sebuah backlink pada anchor text tidak bisa dikerjakan dengan sembarangan dan itu dapat merugikan pemilik website. Jika dalam penerapan anchor text salah, hal tersebut dapat memperlambat pengembangan website pada hasil ranking.

Namun perlu di ingat, jika anchor text terlalu banyak hal itu akan membuat pemilik website terkena penalty atau peringatan. Rata-rata anchor text yang harus dibangun adalah branded dan naked link anchor.

Check backlink agar tetap di tempat bersih

Kami sarankan kepada Anda untuk memperoleh backlink dari sumber website yang punya standar kualitas tinggi. Jika dari sana muncul link yang memiliki sifat scam, sebagai pemilik website pasti Anda tidak inginkan hal itu.

Jadi adabaiknya pelajari dengan baik prospektifnya dan kenali outbound linknya terlebih dahulu. Apakah itu relevan dengan outbound link dari sumber website terpercaya atau tidak. Ini penting, terutama untuk Anda yang ingin membangun backlink berkualitas untuk website Anda kedepan.

Cari tahu backlink yang tidak di izinkan ada dalam website

Perlu di pahami, bahwa ada backlink tertentu yang tidak di izinkan ada dalam website. Jika pemilik website tetap menggunakannya, maka bersiaplah untuk terima konsekuensinya dalam sebuah peringatan atau penalty. Tidak hanya itu, namun tetap harus ada relevansi dalam website kita.

Rata-rata pemilik website mempunyai link relevan, namun ada juga website murni yang tidak membutuhkan relevansi tersebut. disini Anda dapat masuk kedalam Forum SEO dan temukan sumber backlink berkualitas dalam jangkauan public.

Banyak iklan dalam layanan private blog networks, meskipun tidak sepenuhnya benar sesuai dari iklannya. Anda bisa menggunkan hal sama, meski networks hanya sementara dan tidak sepenuhnya bersifat private. Hal ini akan membuat google turunkan website yang memakai network tersebut.

Google akan dengan cepat bisa temukan website yang menggunakan network ini dengan jalan :

Menemukan jumlah outbound link over (umunya terjadi antara 25-50) dalam homepage website tersebut. karena Homepage dalam sebuah website normal tidak sampai angka itu.

Terdapat outbound link  yang tidak lagi relevan. Dimana terdapat berbagai macam link yang masuk, diantaranya ke situs SEO, judi, teknologi, fitnes, olahraga, dan lain-lain. Itu akan dianggap tidak masuk akal dalam pandangan Google.

Menggunakan konten dengan jumlah sedikit (hanya 250 sampai 300 kata per konten). Itu dikarenakan Algoritma Google Panda tidak senang dengan konten tersebut.

Disini pemilik website tidak dapat menghindari lagi, jika itu telah ditemukan. Karena network akan blokir penelusuran Ahrefs dan Majestic.

Baca juga tips SEO lainnya:

Dibuat oleh Pajang.id