7 Manfaat Digital Marketing Bagi Omset Bisnis Anda

manfaat digital marketing

Banyak orang yang ragu memulai bisnis karena merasa tak punya bakat berbisnis. Berbisnis bukan bakat tetapi skill (keterampilan) yang perlu terus Anda asah setiap hari. Salah satu bisnis yang lagi booming saat ini adalah bisnis digital online. Ada banyak manfaat digital marketing bagi bisnis Anda.

Bila Anda hanya menerapkan jualan toko offline saja tanpa mau go online, maka Anda akan tertinggal jauh dari kompetitor Anda. Data APJII menyebutkan bahwa jumlah pengguna Internet di Indonesia sebesar 210 juta orang. Padahal, sebelum pandemi, angkanya hanya berkisar 175 juta orang.

Telah terjadi disrupsi di banyak sisi kehidupan manusia. Termasuk salah satunya pada bidang penjualan dan pembelian. Bila dulu saat orang membutuhkan sesuatu, maka mereka akan keluar rumah dan membelinya di pasar atau toko tetangga.

Namun, kini kebiasaan orang-orang sudah mulai berubah. Saat mereka membutuhkan sesuatu dan belum tahu harganya, maka mereka akan mengecek ponsel dan mencarinya di Facebook, Instagram atau melalui marketplace.

Penasaran apa saja manfaat digital marketing? Yuk, simak pembahasannya dalam artikel ini.

Menjangkau Pasar yang Jauh Lebih Luas

Salah satu manfaat digital marketing bagi bisnis adalah mampu menjangkau pasar yang jauh lebih luas. Dulu divisi marketing hanya perusahaan membuat promosi untuk daerah tertentu. Misalnya, melalui media tertentu. Seperti radio dan surat kabar. Media ini rata-rata hanya mampu menjangkau kabupaten kota hingga kecamatan yang ada di dalamnya. Namun, dengan memanfaatkan Digital marketing, bisnis Anda akan mampu menjangkau orang yang ada di pelosok daerah sekalipun.

Sehingga bisnis Anda jauh lebih mudah dikenal, mudah memperoleh penjualan dan omset meningkat secara drastis.

Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Ada banyak manfaat digital marketing untuk UMKM. Banyak orang yang tak menyadari bahwa membangun bisnis bukan hanya melakukan penjualan untuk memperoleh omset. Tetapi lebih dari itu, membangun bisnis adalah usaha menancapkan bisnis dalam benak konsumen. Mereka tak hanya membeli satu kali tetapi membeli berkali-kali. Bahkan, bukan hanya membeli berkali-kali tetapi mereka berpotensi merekomendasikan bisnis pada orang lain. Bila produk dari bisnis Anda bermanfaat, berkualitas dan mampu menyelesaikan masalah mereka, maka serta merta mereka akan merekomendasikan produk Anda tanpa diminta. Asyik, bukan?

Menghemat Biaya Promosi

Salah satu faktor penting untuk menjangkau konsumen dan mengenalkan produk adalah dengan budget (biaya) promosi. Aktivitas promosi, tentu membutuhkan budget yang lumayan. Saat Anda menggunakan media offline, maka Anda membuat budget yang tak sedikit dan tak mampu menjangkau calon konsumen yang tertarget. Mulai dari membuat brosur, banner iklan radio iklan surat kabar dan lain sebagainya.

Namun, saat Anda menggunakan media digital, Anda bisa menargetkan calon konsumen tertentu dengan sangat detail dan terperinci. Misalnya saja, Anda beriklan melalui Google Ads, FB Ads, Instagram Ads atau Tiktok Ads.

Saat Anda beriklan pada media digital ini, maka iklan Anda tak akan muncul pada semua orang tetapi iklan Anda hanya akan muncul pada orang-orang yang sesuai dengan interest yang Anda masukkan saat melakukan pengaturan iklan. Menarik, bukan?

Membangun Hubungan Emosional Dengan Konsumen

Bagi Anda yang sedang membangun sebuah bisnis, maka penting sekali membangun hubungan emosional dengan konsumen Anda. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan loyalitas mereka pada brand dan bisnis Anda.

Bila mereka pernah membeli dan merasakan produk Anda, kemudian dalam waktu lama mereka tidak membeli produk lagi, maka mereka berpotensi lupa dengan produk Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar mereka tak lupa pada produk anda adalah dengan membangun hubungan emosional dengan mereka. Anda bisa melakukannya melalui sosial media; Facebook, Instagram, Youtube dan Tiktok.

Dalam kanal sosial media ini, Anda membuat konten berkualitas yang relevan dengan produk yang Anda jual. Edukasi yang Anda lakukan akan banyak bermanfaat untuk mereka. Jadi, tanpa mereka sadari, mereka akan semakin dekat dan ingat dengan bisnis Anda. Lagi-lagi, bila mereka membutuhkan produk, mereka akan ingat dengan produk bisnis Anda. Mereka akan membelinya untuk menyelesaikan kebutuhan mereka.

Menjangkau Target  Market yang Tepat

Salah satu manfaat Digital marketing adalah mampu menjangkau target market yang tepat. Bagaimanapun keadaannya, sebuah bisnis perlu menganggarkan (budget) tertentu untuk iklan. Budget iklan ini perlu dialokasikan pada media yang tepat untuk menghasilkan penjualan yang meningkat sehingga omset semakin besar.

Bila Anda memanfaatkan Digital marketing untuk beriklan, maka bisnis Anda akan mampu menjangkau target market yang tepat. Mereka adalah orang-orang yang benar-benar membutuhkan produk Anda.

Sehingga saat mereka tahu produk Anda, mereka akan melihat ini sebagai sebuah solusi atas masalah yang selama ini mereka hadapi.  Tak Butuh waktu lama, mereka akan segera membeli produk Anda dan merasakan manfaatnya.

Saat mereka merasakan manfaat produk Anda, mereka akan memiliki trust (percaya) dan loyal pada bisnis Anda.

Meningkatkan Omset Penjualan

Saat Anda memanfaatkan digital marketing, maka bisnis Anda berpeluang memperoleh omset berlipat-lipat. Ada tahapan penting pengubah penjualan jadi cash. Mulai dari:

Penjualan

Profit

Cash

Tujuan membangun sebuah bisnis adalah untuk memperoleh  profit dan mengubahnya menjadi omset. Omset inilah yang akan menjelma menjadi cash.  Di saat bisnis Anda kuat, maka Anda akan memperoleh cash yang melimpah. Cash yang melimpah inilah yang akan mampu membiayai operasional bisnis Anda, membayar biaya operasional perusahaan, membayar suplier, membayar listrik dan membayar gaji karyawan.

Dan cash inilah yang akan mengantarkan Anda menjadi orang yang kaya raya.

Penutup

Ada banyak manfaat digital marketing bagi bisnis Anda. Penulis telah menyajikan beberapa manfaatnya bagi Anda dalam artikel ini. seharusnya Anda tambah semangat untuk menekuni bisnis ini secara serius setelah tahu manfaatnya.

Senang dengan konten saya? share yuk

Baca juga tips lainnya: