Panduan Untuk Pemula Belajar SEO

Panduan Untuk Pemula Belajar SEO

Panduan Untuk Pemula Belajar SEOSEO (Search Engine Optimization) adalah hal wajib yang harus dimiliki seorang internet marketing untuk meningkatkan peringkat website atau blog di mesin pencari. Sehingga akan memudahkan banyak orang untuk mengunjungi website kita jika berada di halaman utama, peluang untuk dibuka atau dibaca akan menjadi sangat besar dibandingkan masuk dihalaman kedua.

Dari sinilah, Anda bisa mengkonversikan jumlah pengunjung atau visitor yang masuk sebagai sumber pendapatan Anda nantinya. Jika berhasil masuk dihalaman utama, secara otomatis akan meningkatkan keuntungan besar. Hal ini tentu sangat menarik bagi sebagian orang, bahkan ilmu SEO sekarang tidak lagi menjadi ekslusif bagi para master internet marketing.

Sudah banyak orang yang bisa mengembangkan sendiri dan mempelajari ilmu SEO dengan mudah. Banyak pemula yang mencoba mempelajarinya, dan cukup menarik mereka juga mampu belajar dengan cepat ilmu SEO, termasuk SEO One Page yang sekarang banyak digunakan oleh seorang internet marketing.

Hal wajib yang perlu Anda tahu sebelum belajar SEO

SEO bisa dikatakan tidak bisa terpisahkan dari mesin pencari, dimulai sejak awal mesin pencari internet ada, sebuah teknik optimasi mesin pencari sebetulnya telah dikenal. Cukup banyak versi tentang kelahiran SEO pertama kali. Pertma menurut Search Engine Land, SEO lahir pada tahun 1991. Artinya, sampai artikel yang kami tulis ini, ilmu SEO sudah ada 28 tahun bahkan sebelum Google lahir.

Pada tahun 1990 lalu popularitas mesin pencari mulai dikenal. Pada waktu itu jumlah pemakai internet belum sebanyak saat ini. Internet adalah dunia yang sangat luas. Konten atau informasi yang terbagikan bisa dikatakan jumlanya sudah tidak terhitung lagi. Tanpa menggunkan tool pencarian, maka kami rasa tidak mungkin bisa mendapatkan informasi secara mudah.

Itulah alasan utama mengapa pengguna memerlukan mesin pencari. Fungsi utamanya terbagi menjadi dua: (pertama) indeksasi pada dokumen jaringan www dan (kedua) menyediakan sebuah jawaban yang berdasarkan query. Dari hasil pencarian tersbut maka akan muncul sesuai dengan query atau kata kunci.

Jadi, pada dasarnya pengguna bisa memperoleh apa yang mereka cari pada halaman hasil mesin pencari yang berdasarkan kata kunci mereka masukan. Masalahnya yang muncul yaitu tentang kualitas informasi yang akan ditampilkan.

Search engine akan selalu menampilkan informasi atau dokumen yang ada kaitannya dengan kata kunci. Akan tetapu, tidak diimbangi dari tingkat relevansi dan kualitas informasinya. Sekarang banyak pemilik website yang dengan acara memasukkan kata kunci pada halaman website mereka, supaya cepat mendapatkan index dan muncul pada halaman utama.

Istilah ini sering dinamakan dengan keyword stuffing. Namun, ini tidak berarti harus memasukkan kata kunci ke dalam konten website yang Anda miliki tidak diperbolehkan. Tetapi, keyword yang terbaik adalah konten website Anda harus tetap sesuai. Dengan melibatkan kata kunci dalam konten, bukan berarti harus memasukkan kata kunci sebanyak-banyaknya.

Untuk apa sebuah website muncul pada  mesin pencari namun kontennya tidak sesuai dengan apa yang pengunjung cari? Pastinya dari sudut pandang ini pengunjung merasa tidak akan membutuhkannya. Memang tidakak dapat hindari, bahwa masih banyak dari sebagian orang yang menerapkan cara ini. Nyatanya metode ini sudah tidak diperbolehkan lagi oleh Google.

Apabila suatu hari Anda bertemu dengan ahli SEO dan menyarankan untuk menggunakan cara ini, maka sebaiknya kami sarankan tidak memberi tahu medote tersebut. Jika Anda masih tidak percaya, silahkan diterapkan dan hasilnya website Anda kena penalty. Sebenarnya tidak ada aturan yang baku di dalam dunia per SEO an.

Begitu pula tidak ada jalan pintas secara mutlak yang menjamin sebuah website selalu solid pada posisi teratas di hasil pencarian. Namun ada semacam teknik yang sering disebut ranking factors atau optimasi. Seprti pada Google yang memberikan saran untuk menggunakan tool Google Search Console. Hal itu dimaksudkan untuk mendapatkan tempat lebih yang disukai Google.

Hal tersebut karena sifat mesin pencari sangat dinamis sehingga konten bisa berubah sangat cepat dan semua orang bisa ikut terlibat pada persaingan ini. Bahkan, sekarang bukan tidak mungkin jika sebuah website besar yang telah ada bertahun-tahun bisa Anda kalahkan peringkatnya.

Persaingan yang terjadi pada mesin pencari saat ini sangat keras, terlebih di kata-kata kunci populer yang sering terpakai. Jadi apabila Anda tidak menyiapkan website dengan baik, maka siap-siap untuk tertinggal. Jika berkenan bisa belajar seo di kursusseomedan.com sekarang.

Konten Adalah Raja

Mesin pencari saat ini sudah mengalami cukup banyak perubahan seiring berjalannya waktu. Perubahan tersebut telah dipengaruhi dari kecanggihan teknologi dan pola dari perilaku banyaknya pengguna internet sekarang. Seperti yang kita dapat lihat, bahwa Google telah menambahkan beberapa update alogaritma pada mesin pencari kurang lebihnya sebanyak 1-2 kali dalam waktu yang singkat hanya satu hari.

Bahkan sekarang sudah terjadi setiap harinya. Jadi bisa dibayangkan seberapa cepat saat ini perubahan besar yang terus terjadi. Pada bagian sisi trend optimasi juga mengalami cukup banyak perubahan sejalan dengan waktu.

Sekarang salah satu tren yang sedang panas di beberapa tahun terakhir belakangan ini adalah mobile-friendly. Ini bukan lagi menjadi sebuah rahasia, dimana website yang memiliki fitur mobile-friendly, atau website dengan optimasi secara mobile agar bisa diakses dengan baik telah menjadi fokus Google untuk beberapa tahun kedepan.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan lebih pada konten artikel di dalam website Anda. Semakin baik Anda dalam membangun sebuah konten artikel, maka hasilnya akan semakin tinggi baik peluang website yang Anda miliki disukai oleh Google.

Tidak cukup disitu, Google sebagai mesin pencari juga lebih senang dengan website yang mempunyai kualitas konten artikel baik. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, bahwa kualitas konten artikel bukan hanya pada jumlah kata kuncinya. Namun tetap ada kaitannya dengan konten artikel dan kata kunci yang mana secara keseluruhan bisa mempengaruhi secara signifikan pada peringkat website yang Anda miliki di halaman pencarian.

Alasan mengapa Anda harus belajar SEO

Search engine seperti yang kita tahu menawarkan sebuah potensi luar biasa dan kesuksesan bagi Anda dalam dunia internet marketing. Kerasnya lini persaingan yang sudah ada saat ini, bisa dikatakan tidak ada alasan untuk Anda tidak mempertimbangkan search engine, dimana mempunyai peran efektif sebagai sumber untuk mendatangkan pengunjung atau visitor. Untuk itu, SEO bisa menjadi salah satu senjata paling ampuh bagi sebuah website agar sukses, termasuk dalam menyajikan konten artikel berkualitas baik untuk pembaca.

Persiapan awal belajar SEO

Sebelum Anda bisa menerapkan ilmu SEO ke website yang Anda miliki sekarang, maka perlu menyiapkan beberapa konfigurasi yang kami sebutkan dibawah ini terlebih dahulu.

  1. Pasang Google Analytics di website Anda

Segera pasang Google Analytics di website Anda untuk dijadikan sebagai alat menganalisa data visitor yang masuk ke blog atau website Anda. Dengan tool buatan dari Google tersebut, maka Anda bisa melihat dari mana saja sumber visitor berasal, jumlah harian pengunjung, seberapa lama visitor berada di dalam website Anda, dan masih banyak lagi yang bisa Anda lihat dan cermati. Dengan begitu, data Analytics tersebut bisa Anda pakai untuk menentukan keputusan yang tepat bagi website Anda sekarang kedepannya.

  1. Daftarkan website kedalam Google Webmaster Tools

Mendaftarkan website kedalam Google Webmaster Tools itu penting, karena bisa memantau indeks halaman mana dari website yang Anda miliki di Google. Dapat dikatakan bahwa ini merupakan salah satu pintu masuk dari mesin pencari untuk menemukan website padai hasil pencarian. Tidak hanya itu, Google Webmaster Tools juga memberikan masukan kepada Anda supaya bisa memiliki performa lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

  1. Memanfaatkan Google Adwords untuk mendongkrak SEO

Google Adwords adalah salah satu layanan iklan untuk tayang pada halaman mesin pencari Google. Tool satu ini sangat efektif untuk menaikan trafik ke dalam website yang kita miliki. Namun karena sifatnya adalah iklan, maka Anda harus mengeluarakan biaya tambahan supaya website yang Anda miliki dapat tayang pada halaman utama. Adapun biayanya yang sangat bervariasi, sehingga dapat membuat Anda menghabiskan terlalu banyak modal atau biaya untuk iklan namun tetap memberikan hasil yang baik untuk website Anda kedepannya.

Belajar SEO On Page

SEO On Page merupakan satu cara atau bentuk dari sebuah optimasi SEO yang sekarang banyak diterapkan pada setiap konten artikel. Ketika konten artikel telah diterbitkan, maka secara otomatis Anda juga telah menerapkan SEO didalamnya. Jadi pastikan ketika Anda membuat konten artikel sudah mengerti bagaimana SEO bekerja di sebuah konten artikel, hal ini di maksudkan agar konten tersebut lebih maksimal optimasi SEO-nya.

Bagaimana SEO On Page menjadi kunci SEO?

Jika sebuah konten artikel telah diterbitkan, itu akan secara otomatis membawa kepada mesin pencari untuk menemukan konten artikel yang Anda miliki. Pencarian tersebut tetap berdasarkan kata kunci yang digunakan pada konten artikel tadi dan lain sebagainya. Hal-hal itulah yang merupakan salah satu bagian dari pengelolaan atau penerapan dari SEO On Page. Namun secara garis besarnya SEO On Page terbagi menjadi dalam 7 komponen utama yakni:

  • Penerapan kata kunci.
  • Susunan permalink dan URL.
  • Letak Heading.
  • Kualitas Konten.
  • Kecepatan akses website.

Akan tetapi penerapan judul merupakan paling penting perannya untuk meningkatkan kualitas sebuah SEO One Page. Adapun penerapan Backlink yang bertujuan mendatangkan pengunjung.

  1. Kata Kunci (Keyword)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan disini adalah meriset atau membuat penelitian kata kunci yang nantinya untuk dipakai dalam pembuatan konten artikel. Hal ini mempunyai tujuan agar ketika penulisan dapat menentukan titik fokus kata kunci yang Anda pakai. Keyword merupakan salah satu kunci yang paling banyak nantinya dicari oleh sebagian calon pengunjung.

Contohnya disini ketika Anda mau membuat sebuah konten artikel tentang SEO, maka yang wajib Anda lakukan adalah harus mencari kata kunci atau meriset keyword yang paling banyak di cari oleh pengunjung dimana masih berhubungan dengan SEO. Apabila semakin banyak kata kunci atau kalimat yang dicari, maka hasilnya akan bagus kata kunci tadi untuk Anda buat menjadi konten dan bisa di kembangkan pula menjadi tujuan optimasi SEO Anda.

Riset keyword dapat Anda lakukan memakai alat gratisan yang sekarang banyak tersediadi internet sebut saja Google AdWords Keyword Planner, Ubersuggest, Google Trends, Google Suggest, dan Google WebMaster Tools. Anda dapat juga melakukan riset keyword beberapa kali dan mengumpulkan kata kunci tersebut untuk dimasukan ke dalam daftar tabel.

Jadi ke depannya Anda akan dapat langsung menggunakannya untuk membuat konten artikel tanpa lagi melakukan riset keyword ulang kembali. Temukan kata kunci yang mana menjadi paling relevan dengan konten artikel Anda, karena semakin relevan maka hasilnya akan sangat baik. Pemilihan kata kunci atau keyword juga kami sarankan untuk Anda digunakan pada bagian url, judul, dalam konten, dan dapat pula untuk di masukan pada gambar. Namun ada hal yang harus Anda diperhatikan saat mencari kata kunci yaitu :

  • Nilai besarnya pencarian yang ditemukan.
  • Relevansi pada konten yang mau Anda buat.
  • Melihat website milik pesaing lain yang memakai kata kunci sama.
  • Membandingkan dan mencari sebuah keyword yang dapat dikembangkan.
  1. Judul

Jika Anda telah mencari kata kunci yang sesuai, sekarang Anda harus bisa menentukan judul yang tepat dengan kata kunci tersebut. Ketika Anda membuat judul, kami sarankan untuk membuat judul yang masih ada kaitannya dengan kata kunci yang Anda temukan sebelumnya.

Disini kami berikan contoh, artikel ini memakai kata kunci belajar SEO One Page dengan judul Panduan untuk pemula belajar SEO One Page. Judul yang Anda buat juga wajib menarik sehingga dapat memberikan daya tarik bagi pengunjung dan mampu memberikan deskripsi secara luas di dalam isi konten artikelnya.

Hal yang harus diperhatikan ketika membuat judul SEO?

  1. Daya tarik

Judul yang Anda buat harus terlihat sangat menarik. Hal ini bertujuan untuk mengundang para calon visitor atau pengunjung supaya bisa membuka artikel yang sudah kita buat tadi. Semakin baik Anda dalam membuat judul yang menarik, tentunya semakin banyak memberikan peluang untuk dibaca oleh para calon pengunjung. Jadi ini perlu Anda perhatikan dengan baik supaya banyak calon pengunjung yang masuk ke website Anda.

  1. Hindari membuat judul yang memiliki arti ganda

Hindari untuk membuat sebuah judul yang mempunyai arti ganda atau memakai satu kata. Apabila Anda membuat judul yang mempunyai arti ganda, maka hal yang terjadi adalah akan membingungkan para calon visitor karena mereka tidak dapat langsung simpulkan isi dari konten artikel yang akan dibaca. Dapat memberikan deskripsi dari isi konten artikel menjadi fungsi paling utama dalam sebuah judul.

Pasalnya mesin pencari juga memiliki kemampuan yang mana bisa menentukan topik sebuah artikel dari judul, sehingga semakin judul yang Anda buat sesuai dengan isi konten artikal, maka hasilnya akan semakin baik dalam penilaian SEO kontennya. Disini kami gambarankan, apabila Anda dapat memasukan kata kunci di judul seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Maka akan sangat baik untuk kinerja SEO konten artikel Anda kedepannya. Anda dapat juga sekarang mencoba membuat judul di sebuah kertas kosong dan berikan kepada orang lain. Selanjutnya minta mereka untuk bisa menjelaskan isi dari konten yang telah Anda buat tadi. Apabila yang mereka jelaskan sudah sesuai dari isi konten, itu berarti judul yang tadi Anda sangat baik dan dapat mewakili isi konten artikel.

Baca juga tips SEO lainnya:

Dibuat oleh Pajang.id